3 Cara Menghilangkan Jerawat Berdasarkan Penyebabnya

Jerawat bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya pada anak remaja yang sedang puber, jerawat pun juga bisa membuat orang dewasa menderita. Penyebab jerawat ada macam-macam, ada yang disebabkan karena kotoran yang menumpuk dan minyak yang menutup pori-pori, ada juga yang disebabkan karena stress dan juga perubahan hormon dalam tubuh. Oleh karena itu cara menghilangkan jerawat yang benar dan bisa sukses adalah dengan mengetahui apa yang menyebabkan kulit jadi berjerawat. Secara umum ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk bersih dari jerawat dan juga menghilangkan bekasnya. Yaitu perawatan di rumah, ke dokter kulit, dan juga dengan cara mengubah pola gaya hidup. Jerawat juga bisa dihilangkan dengan produk Nu Amoorea yang bisa dibeli di distributor resmi nu amoorea di http://distributorresminuamoorea.com/

Menghilangkan jerawat dengan perawatan di rumah

Salah satu penyebab jerawat adalah wajah yang kotor sehingga kotoran dan minyak menutup pori-pori wajah dan menyebabkan infeksi. Namun, terlalu sering mencuci wajah juga tidak baik karena bisa meruntuhkan pelindung alami pada kulit wajah. Mencuci wajah dengan menggunakan sabun yang mengandung benzoyl peroxide pada pagi hari dan malam sebelum tidur bisa membantu untuk mematikan bakteri yang ada pada wajah. Jika Anda mengenakan makeup, cara menghilangkan jerawat adalah memastikan makeup dibersihkan dengan pembersih yang tidak mengandung minyak sebelum tidur. Hal-hal lain yang bisa dikerjakan untuk menghilangkan jerawat di rumah adalah:

  1. Menggunakan toner salicylic acid setelah mencuci wajah

  2. Menggunakan treatment spot gel berbahan benzoyl peroxide di bawah 3%

  3. Memilih pelembab yang tidak menyebabkan komedo, biasanya mengandung glycerin, aloe vera, atau hyaluronic acid

Menghilangkan jerawat dengan perawatan dokter

Untuk jerawat yang membandel dan lebih parah, cara menghilangkan jerawat yang lebih tuntas bisa dikonsultasikan dengan dokter kulit. Dokter bisa memberikan diagnosis apa yang membuat kulit Anda berjerawat untuk kemudian memberikan obat atau perawatan yang bisa mengatasi penyebab tersebut. Hal berikut biasanya dilakukan kepada pasien kulit berjerawat oleh dokter kulit:

  1. Diberikan pil antibiotik dengan resep untuk membunuh bakteri penyebab jerawat

  2. Untuk wanita ada juga yang diberikan pil KB untuk membantu mengontrol hormon pada kasus jerawat yang lebih parah

  3. Obat yang mengandung retinoid juga bisa diberikan namun harus dalam pengawasan dan penggunaan yang ketat karena punya efek samping yang harus diwaspadai

Selain ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan medis, Anda juga bisa memanfaatkan layanan yang dimiliki fasilitas kecantikan untuk membuat kulit wajah menjadi lebih mulus. Beberapa layanan perawatan yang bisa dicoba seperti facial, mikrodermabrasi,  atau menggunakan perawatan laser yang agak menyakitkan namun banyak yang membuktikan keampuhannya.

Menghilangkan jerawat dengan mengubah gaya hidup

Cara menghilangkan jerawat yang penting namun banyak yang melewatkannya adalah dengan mengubah gaya hidup. Dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, tubuh akan memiliki racun lebih sedikit dan sel-sel tubuh makin sehat termasuk sel-sel kulit. Selain itu gaya hidup sehat juga menjauhkan Anda dari stress yang bisa memicu timbulnya jerawat. Untuk memiliki gaya hidup sehat agar jauh dari jerawat, yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Berolahraga secara teratur

  2. Jangan memegang wajah dengan tangan yang belum dibersihkan

  3. Kurangi asupan gula

  4. Tidur lebih berkualitas dan jaga mood Anda agar tetap senang

  5. Secara teratur cuci sarung bantal dan juga sprei kasur

  6. Gunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang bisa merusak kulit.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *