Bibit Sawo Kecik Harga Murah Area Bandung

Howdy para penyimak setia postingan admin, pada kesempatan kali ini admin akan membahas bibit sawo kecik.  Kami juga menjual bibitnya, silahkan pesan lewat website kami.

Budidaya bibit pohon sawo kecik

Tahap pemilihan bibit sawo dan persiapan lahan

Pohon sawo kecik ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian rata – rata 900 mdpl. Pohon sawo kecik ini juga memerlukan daerah yang memiliki volume curah hujan yang cukup yakni sekitar 1.250 mm hingga 2.500 mm per tahunnya. Pastikan juga tempat yang akan dijadikan sebagai lahan budidaya pohon sawo kecik ini tidak terlalu panas. Siapkan juga bibit pohon sawo kecik dengan kualitas terbaik juga. Biasanya bibit sawo kecik ini didapatkan dari hasil cangkokan.

Bersihkan juga lahan yang akan digunakan untuk budidaya pohon sawo kecik ini dari gulma – gulma ataupun semak – semak yang tumbuh secara liar. Agar nantinya gulma atau semak ini tidak mencuri nutrisi yang harusnya didapatkan oleh bibit pohon sawo kecik. Jika lahan sudah siap maka tinggal menyiapkan hal yang selanjutnya.

Tahap pembuatan lubang tanam dan jarak tanam bibit pohon sawo kecik

Untuk ukuran lubang tanam yang ideal untuk pohon sawo kecik ini adalah 60 cm x 60 cm x 60 cm untuk jenis tanah yang gembur dan 100 cm x 100 cm x 100 cm untuk jenis tanah yang tidak gembur. Tanah galian dari pembuatan lubang tanam ini sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Nantinya tanah galian ini campurkan dengan pupuk organik (pupuk kompos) untuk dijadikan sebagai tanah timbun. Untuk jarak tanam bibit pohon sawo kecik ini rata – rata memiliki ukuran 10 m x 10 m untuk permukaan tanah yang datar dan 7 m x 8 m untuk permukaan tanah yang miring. Lubang tanam yang sudah dibuat tadi tuangkan pupuk kandang dengan dosis yang cukup dan biarkan selama 2 minggu. Bila sudah 2 minggu maka langkah selanjutnya tinggal penanaman bibit.

Tahap penanaman bibit pohon sawo kecik

Setelah lubang tanam sudah siap maka tinggal proses penanaman bibit saja. Tanam bibit pohon sawo kecik tepat di tengah – tengah lubang tanam. Lalu timbun menggunakan tanah timbun yang sudah kita buah sebelumnya. Padatkan tanah timbun tersebut agar bibit pohon sawo nantinya tumbuh dengan baik dan tidak mudah roboh. Lakukan penyiraman air pada bibit pohon sawo kecik yang baru ditanam secara secukupnya.

Supplier kami menjual bibit sawo kecik yang murah dan bebas dari hama dan penyakit.

Tahap perawatan dan pemeliharaan pohon sawo kecik

Pertama adalah tahap pemupukan pohon sawo kecik. Berikut ada paparan mengenai dosis pemupukan untuk bibit pohon sawo kecik :

  • Tahap adaptif, tahap ini merupakan tahap pemupukan saat bibit pohon sawo kecik berusia 0 – 3 tahun an. Gunakan pupuk organik jenis pupuk kandang. Berikan dosis pupuk 5 kg – 10 kg per bibit pohon sawo kecik.
  • Tahap vegetatif, tahap ini merupakan tahap pemupukan saat bibit pohon sawo kecik berusia 4 – 7 tahun an. Gunakan pupuk anorganik jenis SP 36, Urea, dan KCI. Untuk dosis 3,5 kg untuk pupuk Urea, 1,5 kg untuk pupuk SP 36 , dan 1 kg untuk pupuk KCI. Lakukan pemupukan ini 4x selama 1 tahun.
  • Tahap reproduktif, tahap ini merupakan tahap pemupukan saat pohon sawo kecik berusia 8 tahun – 14 tahun an. Gunakan pupuk anorganik dan pupuk organik yakni pupuk Urea, pupuk SP 36 , pupuk KCI, dan pupuk kandang. Untuk dosis 5 kg untuk pupuk Urea, 2 kg untuk pupuk SP 36, 1,5 kg untuk pupuk KCI, dan 5 kg – 10 kg untuk pupuk kandang.

Untuk perawatan yang selanjutnya adalah penyiangan, lakukan penyiangan secara rutin. Bersihkan dari berbagai macam gulma – gulma dan semak – semak yang tumbuh disekitar bibit pohon sawo kecik. Lakukan juga penjarangan terhadap buah sawo kecik mengingat buah sawo kecik ini rawan terhadap hama yang mengakibatkan buah berlubang – lubang dan akhirnya busuk. Lakukan juga pemangkasan secara rutin terhadap ranting – ranting atau cabang – cabang pohon yang tumbuh secara tidak beraturan. Hal ini bertujuan agar nutrisi dari pohon sawo kecik ini tetap terjaga dan tidak terbuang sia – sia.

Tahap pemanenan buah sawo kecik

Pohon sawo kecik ini baru dapat menghasilkan buah sekitar usia 3 tahun – 5 tahun. Untuk masa berbuah yang selanjutnya saat pohon sawo kecik berusia 5 tahun – 6 tahun. Buah sawo kecik ini juga tidak bisa matang secara serempak oleh karena itu harus dipilah – pilah dahulu saat masa panen tiba.

Jika Anda tertarik dengan penawaran bibit sawo kecik milik supplier kami, Anda bisa langsung menghubungi contact person yang tertera di website utama kami.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *