Dua anak usaha PT Adhi Karya Tbk mengembangkan proyek bersama

PT Adhi Karya Tbk menjalankan sinergi bisnis antara PT Adhi Persada Properti dan PT Adhi Commuter Properti. Dua anak usaha tersebut akan membangun proyek hunian bertingkat senilai Rp 1,2 triliun dalam skema kerjasama operasi (KSO). Adhi Persada dan Adhi Commuter akan membangun apartemen bertajuk LRT City Green Evenue di Bekasi Timur, Jawa Barat. Porsi investasi kedua perusahaan sama besar. “Investasinya dari setoran modal masing-masing Adhi Commuter dan Adhi Persada, serta hasil penjualan nanti,” kata Amrozi Hamidi, Direktur Utama PT Adhi Commuter Properti di Jakarta, Senin (24/9). Menurut rancang bangun, Green Avenue bakal menggunakan area landbank atau tabungan lahan Adhi Commuter seluas 1,96 ha.

Lokasinya berada di sisi stasiun LRT Jatimulya. Bakal ada sekitar 2.668 unit apartemen dalam tiga menara. Adhi Persada dan Adhi Commuter akan memulai debut proyek dari menara pertama berkapasitas 667 unit. Ada tiga tipe unit yang meliputi studio seluas 24 meter persegi (m²), tipe 1BR berukuran 36 m² dan tipe 2BR berukuran 48 m². Konstruksi akan berjalan mulai Desember 2018. Rentang harga jual unit apartemen Green Evenue sebesar Rp 13,6 juta per m². Adhi Persada dan Adhi Commuter menargetkan seluruh unit menara pertama terjual habis pada tahun ini juga. Selanjutnya, jadwal pembangunan menara kedua dan ketiga menyusul kemudian. Target konstruksi menara kedua tahun 2019 sedangkan menara ketiga tahun 2021. Adhi Persada dan Adhi Commuter yakin kongsi bisnisnya itu tak akan sia-sia. Menurut mereka, potensi bisnis properti di di wilayah Timur Jakarta menjanjikan.

Penopangnya adalah sejumlah proyek infrastruktur transportasi massal seperti LRT Jabodebek, Jalan Tol Becakayu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated dan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. Lagipula, Adhi Persada dan Adhi Commuter tak akan tinggal diam menunggu pembeli. “Dengan pemasaran dilakukan oleh tim Adhi Persada dan juga tim Adhi Commuter akan mempercepat penjualan sehingga pembangunannya cepat juga,” tutur Pulung Prahasto, Direktur Teknik dan pengembangan PT Adhi Persada Properti, dalam kesempatan yang sama.

Marketing sales
Perlu diketahui, Green Avenue menjadi tonggak awal kerjasama antara Adhi Persada dan Adhi Commuter. Proyek itu juga merupakan pengembangan tahap II dari proyek LRT City Eastern Green yang sudah dibangun oleh Adhi Commuter. Green Evenue dan Eastern Green merupakan bagian dari proyek transit oriented development (TOD) besutan Adhi Commuter. Total luas area pengembangan proyek TOD mencapai 15 hektare (ha). Bakal ada Depo LRT Jabode- bek pula di dalamnya. Sambil mengawal proyek KSO, baik Adhi Persada maupun Adhi Commuter melanjutkan proyek lain. Adhi Commuter misalnya, pada kuartal IV 2018 berencana merilis tiga proyek TOD lagi yaitu Cisauk Point, Oase Park di Ciputat dan LRT City Cikokol di Jakarta Timur. Proyek Cisauk Point melibatkan PT Kereta Api Indonesia sebagai pemilik lahan. Untuk tahap awal, Adhi Commuter akan membangun satu menara berisi 800 unit apartemen. Proyek Oase Park melibatkan pemilik lahan yakni Perum PPD. Hanya LRT City Cikokol yang memanfaatkan lahan sendiri. Amrozi yakin, tahun ini Adhi Commuter mampu mencatatkan marketing sales Rp 1 triliun. Hingga September, perusahaan tersebut sudah memenuhi 50% target.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *