Harga Bibit Kopi Termurah Mutu Terjamin

Kami menjual harga bibit kopi yang murah dan terjamin jadi hal ini menjadi keuntungan bagi Anda apabila Anda memesan bibit kopi milik kami.

Cara budidaya kopi

Cara menanam kopi ini terbilang cukup mudah bisa dibilang juga cukup sulit. Namun apabila mengikuti panduan berikut ini maka kesulitan tersebut menjadi bukan masalah lagi. Berikut ini adalah cara untuk membudidayakan tanaman kopi dengan baik dan benar :

Persiapan lahan untuk penanaman tanaman kopi

Pohon kopi ini sangat cocok bila ditanam di daerah yang memiliki rata – rata ketinggian mencapai 60 mdpl. Namun alangkah lebih baik bila tidak melebihi ketinggian 800 mdpl karena di ketinggian ini tanaman kopi akan mulai mengalami perlambatan tumbuh dan berkembang. Apabila tanaman kopi ditanam di daerah yang memiliki ketinggian kurang dari 60 mdpl maka akan berpengaruh pada cita rasa biji kopinya.

Berikut adalah kriteria lahan yang sangat cocok untuk penanaman pohon kopi :

  • Lokasi lahan lebih baik dibuat agak teduh, pokoknya tidak terkena paparan sinar matahari selama lebih dari 6 jam.
  • Daerahnya beriklim tropis mengingat tanaman kopi ini merupakan tanaman tropis.
  • Memiliki kadar asam (pH) tanah sekitar 5,5 – 6,5.
  • Memiliki tanah yang sangat gembur dan cukup akan unsur hara.

Penanaman pohon peneduh bagi pohon kopi

Karena tanaman kopi yang tidak tahan lama – lama terkena sinar matahari , maka dibutuhkan sebuah pohon peneduh agar pohon kopi tetap terasa sejuk dan teduh. Dalam memilih pohon peneduh, lebih baik memilih pohon yang cepat tumbuh dan berkembangnya serta tidak memiliki perawakan yang terlalu rimbun. Pohon peneduh yang cocok dan sering dijadikan sebagai peneduh pohon kopi adalah pohon lamtoro dan sengon. Pohon lamtoro dan sengon ini hanya dalam kurun waktu 2 tahun sudah terlihat cukup rindang dan pantas dijadikan pohon peneduh. Sebaiknya pohon lamtoro dan sengon ini ditanam secara rapi dan membentuk alur.

Harga bibit kopi yang kami jual selain murah juga terjamin sehat dan bebas dari serangan hama dan penyakit.

Proses pengolahan lahan untuk tanaman kopi

Selanjutnya bila pohon peneduh sudah siap, maka sekarang giliran untuk menyiapkan lahan bagi pohon kopi. Berikut ini adalah cara nya :

  • Pertama – tama kita buat lubang tanam dahulu dengan ukuran sekitar 30 x 30 x 30 cm.
  • Pastikan saat membuat lubang tanam , lebih baik diberi jarak (jarak optimal : 2m) yang rapi antara lubang yang satu dengan lubang tanam yang lainnya.
  • Lalu beri pestisida dan antibakteri pada lubang tanam tersebut agar nantinya pertumbuhan akar pohon kopi tidak diganggu oleh hama dan penyakit.

Pemberian pupuk pertama

Setelah lubang tanam sudah siap , maka langkah selanjutnya adalah pemberian pupuk pertama. Pupuk pertama ini nantinya akan berguna bagi bibit kopi untuk sementara memberi suplai utama bagi tanaman kopi selama masih bibit. Pupuk pertama ini merupakan pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos). Namun pupuk pertama ini sebaiknya menggunakan pupuk organik campuran (pupuk kandang dan pupuk kompos).

Penanaman bibit kopi

Tahap selanjutnya adalah menanam bibit kopi pada lubang – lubang tanam yang sudah diberi pupuk tadi. Hal – hal yang harus diperhatikan saat melakukan penanaman bibit kopi adalah :

  • Lakukan penyiraman bibit kopi terlebih dahulu sebelum ditanam di dalam lubang tanah.
  • Selesaikan proses penanaman bibit kopi dalam 1x waktu, jangan ada bibit yang ditinggal untuk ditanam esok harinya.
  • Buat gundukan tanah yang gembur dan melingkar di sekitar pangkal bibit kopi agar air mudah untuk terserap dalam tanah dan tidak menggenangi bibit.
  • Segera siram kembali saat bibit sudah ditimbun dengan tanah.
  • Lakukan pemilahan bibit kopi selama 2 minggu pertama, tujuannya adalah menyeleksi mana bibit kopi yang mati, sedang sakit , dan tidak normal.
  • Gantilah bibit kopi yang cacat tadi dengan bibit kopi yang baru.

Jika Anda mulai berminat dengan penawaran harga bibit kopi milik kami jangan ragu – ragu langsung pesan saja.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *