Menu MPASI 6 Bulan dan Jadwal Pemberiannya

Saat anak sudah mencapai usia 6 bulan, sudah saatnya anak mulai dikenalkan pada makanan selain ASI. Makanan tersebut sering kali disebut dengan MPASI atau makanan pendamping ASI. MPASI ini merupakan tahapan awal pengenalan makanan selain ASI kepada anak, sehingga hal tersebut merupakan fase yang sangat penting serta krusial.

Menu MPASI 6 Bulan dan Jadwal Pemberiannya

Jika kita tidak mengenalkan makanan dengan benar, bisa jadi, kita tidak dapat memberikan MPASI yang sesuai.

Hal ini tentunya akan memberikan efek yang tidak baik bagi buah hati kita.

Ada berbagai menu pilihan yang dapat Anda jadikan sebagai menu MPASI 6 bulan. Pada saat awal pemberian, memberikan menu makanan tunggal adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan.

Setelah melakukan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, saatnya ibu mulai mengatur menu MPASI 6 bulan untuk pengenalan makanan selain ASI pertama bagi anak. Pemberian MPASI biasanya dilakukan secara bertahap dan terjadwal.

Pemberian juga harus memperhatikan takaran yang tepat. Jangan sampai Anda memberikan terlalu banyak dan membuat buah hati jatuh sakit.

Memberikan makanan pendamping juga termasuk cara untuk menstimulasi terjadinya pertumbuhan gigi pada anak. Pemberian MPASI pertama kali harus dilakukan dalam rentang waktu yang sesuai dengan jam makan orang dewasa.

Tidak seperti saat pemberian ASI yang dapat dilakukan dengan frekuensi yang sering saat bayi merasa lapar. Untuk mengawali anak agar terbiasa makan, Anda dapat memberikan MPASI satu kali dalam satu hari selama beberapa hari.

Setelah anak terbiasa, Anda dapat meningkatkan intensitasnya menjadi 2 kali sehari dan 3 kali sehari.

Menu resep mpasi 6 bulan homemade yang diberikan haruslah memiliki tekstur yang cair. Untuk pengenalan pertama, hal ini penting dilakukan agar anak dapat beradaptasi dengan makanan lain selain ASI yang dia makan.

Jangan khawatir jika pada saat pertama kali makan MPASI, anak hanya makan sedikit atau menolak makan setelah satu dua suap.

Hal ini merupakan tahap transisi yang mana pada saat tersebut anak sedang beradaptasi dengan makanan baru yang masuk ke dalam mulut mereka.

Yang perlu Anda lakukan adalah tidak menyerah. Terus berikan MPASI secara rutin setiap harinya untuk mengenalkan pada anak aneka jenis makanan dan berbagai rasa baru yang ada. Dengan demikian, anak akan terbiasa dan mengenal tentang makanan yang lain selain Asi.

Adapun bahan makanan yang dapat Anda pilih adalah makanan tunggal seperti ekstrak buah atau sayur.

Susu Generasi Maju adalah salah satu tempat yang mewadahi para orang tua yang ingin melakukan konsultasi dan berbagi cerita mengenai pengalaman mereka dalam mengurus anak. Anda dapat menjadikan klub yang dapat diakses secara online untuk mempelajari aneka menu MPASI 6 bulan dan pada fase setelahnya agar lebih paham mengenai makanan seperti apa yang seharusnya dimakan dan makanan seperti apa yang tidak seharusnya dimakan.

Dengan demikian, Anda dapat belajar merawat anak dengan lebih baik dan cermat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *