Penyebab Umum Kenapa Wanita Tidak Kunjung Hamil

Bagi orang yang telah menikah, memiliki keturunan merupakan momen yang sangat di nantikan. Namun sayangnya untuk memiliki keturunan bagi sebagian orang bukanlah perkara yang mudah. Merasa marah, kecewa, bingung, frustasi dan sedih pasti mereka rasakan meskpiun telah melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan keturunan.

Alexis Melnick, seoarang dokter kandungan di New York menjelaskan, ada beragam penyebab kenapa wanita sulit untuk hamil. Bisa dari faktor lingkungan dan bisa juga dari faktor medis. Untungnya adalah, permasalahan tersebut bisa di obati. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan kenapa wanita sulit hamil.

Tumor Jinak
Penyakit tumor jinak merupakan penyebab kemandulan pada wanita. Tumor yang tumbuh didalam rongga rahim menjadi penghambat pembuahan. Untuk menyembuhkanya, harus dilakukan operasi pengangkatan tumor yang hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis.

Tidak Adanya Ovulasi
Anovulasi juga menjadi penghambat bagi wanita untuk hamil. Terdapat beberapa penyebab munculnya anovulasi, salah satunya sindrom ovarium polikistik atau lebih dikenal dengan PCOS. PCOS merupakan kondisi dimana terjadinya ketidakseimbangan pada hormon progesteron dan estrogen. Penyebabnya bisa dari genetik, tiroid yang tidak berfugsi, hiperprolatinemia, olahraga yang terlalu berat dan kondisi hormonal. Untuk mengobatinya, temukan dulu apa yang menjadi penyebab anovulasi.

Suami Bermasalah Dengan Kesuburan
Berdasarkan hasil penelitian Melnick, faktor kesuburan pada pria memberikan 20% sebagai penyebab kenapa wanita sulit hamil. Sebaiknya sebelum istri memutuskan untuk perawatan kesuburan, Melnick menyarankan agar suami turut memeriksakan kesuburanya. Pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat apakah sperma pria sanggup berenang menuju serviks, rahim serta saluran tuba.

Asap Rokok
Selain dari faktor medis, faktor lingkungan turut berperan menghambat wanita untuk hamil, contohnya asap rokok. Berdasarkan informasi dai Mark Payson, seorang direktur pusat pengobatan reproduksi di Colorado, Virginia Utara, asap rokok merupakan musuh utama wanita yang sedang ingin hamil. Meskipun pengaruhnya kecil, namun asap rokok sebaiknya dihindari.

Stress
Jika ingin cepat hamil, sebaiknya jangan sampai mengalami stress. Sebab stress dalam tingkat kronis sangat berpengaruh terhadap perubahan hormon dan berpengaruh terhadap semua system organ tubuh.

“Pada beberapa kasus, stress berdampak pada seorang wanita berhenti ovulasi sehingga hal ini berpengaruh terhadap periode menstruasi yang tidak menentu atau bahkan berhenti dalam waktu yang cukup lama,” ucap Payson.

Untuk terlepas dari stress biasanya orang melepaskan diri sejenak dari pekerjaan dan berlibur bersama pasangan. Bisa juga dengan melakukan olahraga seperti meditasi, yoga maupun akupuntur untuk melepaskan stres. Jangan lupa untuk aktif dikegiatan apapun yang membuat diri semangat namun tidak memicu munculnya stres selama program kehamilan.

Itulah ulasan saya mengenai apa saja yang menjadi penyebab kehamilan pada wanita yang saya ambil dari sumber terpercaya. Jika ingin mendapatkan informasi lebih mengenai kehamilan, bisa anda dapatkan di blog kehamilan mazariegos.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *