Persiapan beternak burung cockatiel

Sediakan 10-12 jam cahaya buatan alami atau terang per hari. Cockatiels akan berkembang biak setiap saat sepanjang tahun, tetapi mereka membutuhkan jumlah cahaya yang layak untuk berkembang biak. Pastikan bahwa cockatiels Anda memiliki sumber cahaya buatan alami atau terang selama 10-12 jam per hari

  1. Beri makan burung Anda dengan baik. Sebelum berkembang biak, penting untuk memastikan bahwa burung Anda makan dengan baik. Beri mereka makan diet seimbang yang dimaksudkan untuk cockatiels. Periksa burung Anda sesering mungkin untuk memastikan bahwa kedua cockatiels memiliki akses yang sama ke makanan dan hidangan air. Jika seekor burung menjaga makanan dan air, maka Anda dapat menambahkan makanan dan air tambahan. Makanan yang baik untuk diberikan pada cockatiels Anda meliputi: [7]

campuran biji cockatiel

makanan lunak seperti sayuran, pasta, nasi, kacang matang, roti gandum lembab

biji berkecambah

cuttlebone atau blok mineral untuk kalsium

suplemen (untuk taburi makanan lain) seperti spirulina, Echinacea, dan Prozyme

segar, air bersih (ubah beberapa kali per hari)

  1. Masukkan pasangan perkembangbiakan Anda ke dalam kandang besar bersama-sama. Cockatiels Anda akan membutuhkan banyak ruang untuk berkembang biak dan bahkan lebih banyak ruang setelah muda mereka menetas. Pastikan bahwa kandang yang Anda masukkan ke dalam pasangan cockatiel Anda adalah 6 kaki x 3 kaki x 3 kaki. Anda dapat menempatkan pasangan ke dalam kandang mereka beberapa minggu sebelum Anda menyediakan kotak sarang sehingga mereka dapat saling mengenal dan masuk ke dalam sinkronisasi untuk berkembang biak.

Tempatkan kandang di bagian yang tenang dari rumah Anda untuk memberikan pasangan privasi dan ketenangan mereka akan perlu untuk berkembang biak, merenung, menetas dan membesarkan anak mereka.

  1. Buat kotak sarang. Setelah pasangan ini bersama selama setidaknya dua minggu dan mereka bergaul dengan baik, maka Anda akan perlu menyediakan kotak sarang kepada mereka. Saat Anda memilih kotak sarang, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan meliputi:

Bahan. Ada banyak jenis kotak sarang yang tersedia termasuk yang terbuat dari logam, plastik dan kayu. Kayu adalah pilihan yang baik karena cockatiels akan mengunyah pintu masuk untuk menyesuaikannya dengan spesifikasi mereka.

Ukuran. Satu kaki dengan satu kotak kaki cukup untuk berkembang biak.

Pintu akses belakang. Beberapa kotak bersarang datang dengan pintu akses belakang sehingga Anda dapat memeriksa anak ayam tanpa mengganggu ayam.

Seperai. Orang tua Cockatiel akan menggunakan tempat tidur untuk membuat sarang yang nyaman dan aman untuk anak-anak ayam. Bahan terbaik untuk bersarang adalah serutan pinus debu rendah atau bahan kertas tidak berwarna seperti kertas koran atau handuk kertas putih polos. Jangan gunakan serutan cedar karena minyak dalam bahan ini dapat membunuh atau melukai anak ayam

 

Saksikan cockatiel jantan mempersiapkan sarang. Anda akan tahu bahwa cockatiels Anda sedang mempersiapkan untuk kawin ketika laki-laki mulai mempersiapkan sarang. Laki-laki akan mengunyah kotak sarang yang terbuka untuk memperbesarnya sesuai ukuran yang dia inginkan. Dia juga akan mengatur bahan tempat tidur dengan cara yang dia suka. Ketika dia membuat kotak itu seperti yang dia inginkan, maka dia akan membiarkan perempuan itu masuk.

Amati tanda-tanda kawin. Saat waktunya untuk kawin dengan cockatiel jantan akan melakukan tarian kawin. Selama tarian ini, dia akan menggonggong, melompat, dan bernyanyi. [13] Anda juga akan melihat burung-burung sering merapikan satu sama lain. Ketika si betina siap untuk kawin, dia akan berjongkok. Posisi ini memungkinkan pria untuk kawin dengannya.

Kawin bisa memakan waktu hingga satu menit dan kemudian jantan akan terbang menjauh.

Ayam betina betina harus bertelur sekitar dua minggu setelah kawin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *