Sebelum Cek BPKB Online, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Pada Bentuk Fisik BPKB Mu

Sebelum Cek BPKB Online, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Pada Bentuk Fisik BPKB Mu

BPKB atau bukti pemilik kendaraan bermotor adalah surat berharga yang menjadi bukti bahwa kita adalah pemilik sebuah motor. Surat ini bisa digunakan untuk sebuah jaminan di perbanka sekaligus juga sebagai alat yang digunakan untuk proses pengalihan nama kepemilikan motor. Karena pentingnya BPKB, maka kita harus tahu bagaimana cek BPKB online.

Sebenarnya sebelum kamu memutuskan untuk cek keaslian BPKB secara online kamu sudah bisa mendeteksinya terlebih dahulu. Menurut Korlantas Polri, beliau mengungkap cara untuk mendeteksi keaslian BPKB dan STNK dapat dilakukan dengan 5 cara. Yaitu hanya berfokus pada bentuk fisik BPKB yang sedang kamu pegang itu guys. penasaran? Berikut, sebelum cek BPKB online, perhatikan beberapa hal berikut pada bentuk fisik BPKB mu.

  1. Pertama yaitu dilihat dari bahan cover yang digunakan BPKB asli lebih mengkilap, sedangkan bahan cover yang digunakan BPKB palsu agak buram.
  2. Kedua, hologram yang berada di halaman paling depan atau pertama. Jika BPKB palsu maka hologram tersebut bila diterawang akan berubah warna menjadi kuning. Sedangkan untuk BPKB aslinya bila diterawang warnanya tidak akan berubah yaitu abu-abu.
  3. Ketiga, perhatikan nomor seri yang ada di bawah hologram ada tujuannya. Nomor seri tersebut untuk membedakan domisili. N untuk polda mana dan P untuk polda mana. Dan itu semua hanya ada di Korlantas Polri karena tidak untuk di publis.
  4. Selanjutnya yang keempat untuk bagian identitas pemilik kendaraan. BPKB palsu biasanya hanya sekedar mengubah data kendaraannya saja, sedangkan untuk dara pemilik tidak diubah. Jadi pada bagian identitas kendaraan banyak yang dihapus kemudian diprint ulang.
  5. Lalu yang terakhir kelima adalah lihat pada halaman 14. Untuk BPKB asli terdapat lambang Korrlantas bila disinari dengan carahaya ultraviolet. Kemudian ketika diraba[un kertas akan terasa kasar, berwarna, serta logo Korlantaspun juga timbul. Nah untuk BPKB palsu rata.

Nah setelah mengetahui cara tersebut tentunya kamu bisa lebih waspada dong. Eits untuk melengkapi pengetahuanmu kamu juga bisa cek keaslian STNK secara kasat mata lho. Perhatikan cara berikut.

  1. Yang pertama yaitu pada bagian sisi kanan atas terdapat sticker hologram halus. Nah untuk mendeteksi ini caranya sama seperti BPKB yang telah dijelaskan sebelumnya.
  2. Kemudian, untuk sisi bagian kanan STNK asli terdapat lubang tipis kalau dibaca tertera tulisan STNK. Sedangkan untuk STNK palsu tidak ada lubangnya.
  3. Dan yang terakhir yaitu barcode. Barcode yang terdapat pada STNK asli bila discan akan muncul sebuah tulisan angka atau pemilik kendaraan bermotor. Jika palsu tentu tidak akan muncul apa-apa, karena itu hanya pajangan saja.

Nah itulah sebelum cek BPKB online, beberapa hal yang dapat kita perhatikan pada bentuk fisik BPKB mu. Setelah mengetahui hal tersebut tentu kamu harus lebih waspada. Sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan bekas atau second alangkah lebih baiknya kamu lakukan pengecekan agar tidak timbul masalah dikemudian hari. Salah-salah kamu malah dituduh melakukan pelanggaran.

Untuk itu jangan sampai hanya karena kamu benar-benar menginginkan kendaraan tersebut malas untuk melakukan pengecekan dan terkena imbas buruknya. Tentu kamu tak ingin mengalami hal itu kan?. Mungkin itu saja yang bisa kita bahas pada kesempatan kali ini.

Semoga bermanfaat, dan see you.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *