Tips Sederhana Agar Kamar Tetap Sehat

originals.id – Tentu kita setuju kalau kamar merupakan salah satu ruangan favorit bagi buah hati untuk beraktivitas; dari bermain, belajar, hingga tidur. Itulah mengapa, kamar anak perlu dibuat sedemikan rupa sehingga menjadi kamar yang sehat. Secara umum kamar yang sehat membutuhkan ventilasi yang baik. Ini berarti kamar harus bisa dimasuki cahaya dengan baik, sehingga tidak lembap. Kamar pun harus terasa sejuk, untuk itu buka tirai jendela setiap pagi agar udara segar dapat bebas masuk ke dalam kamar. Hindari memasang karpet termasuk karpet sintetik karena mengandung zat berbahaya, seperti pewarna dan zat kimia yang mudah terbakar. Kamar anak juga sebaiknya tidak terlalu banyak pajangan, seperti boneka atau koleksi buku si kecil.

Rajin Bersihkan Kamar Setiap Hari

Sekalipun bisa menjadi dekorasi cantik dalam kamar, barang-barang ini dapat mengundang debu lebih banyak dalam kamar. Sering-seringlah membersihkan ruangan buah hati. Lantai harus selalu disapu dan dipel. Lap semua perlengkapan dan peralatan di kamar si kecil yang menjadi sarang debu. Begitu pula dengan seprai dan gorden, yang juga harus dibersihkan seminggu sekali. Kasur, bantal, guling juga perlu dijemur agar tidak menjadi sarang tungau. Kotoran yang berasal dari tungau mengandung sebuah jenis protein yang bisa memicu terjadinya hidung meler dan bersin-bersin.

Sementara untuk kamar si kecil yang menggunakan AC, kondensornya harus dibersihkan satu minggu sekali. Perhatikan tata cahaya kamar. Gunakan elemen penerang yang tidak menyilaukan. Sediakan pula lampu tidur yang dilengkapi dimmer sehingga intensitas terang gelapnya lampu dapat diatur. Cahaya kamar yang terlalu terang akan menganggu tidur nyenyak buah hati. Pemilihan bantal dan guling mesti diperhatikan. Yang paling disarankan adalah bantal berbahan lateks alami, tapi jika tidak ada gunakan bantal berbahan busa dengan sarung bantal yang terbuat dari bahan katun murni.

Bila ingin mengecat ulang kamar, pastikan buah hati tidak memasuki kamar sebelum bau catnya hilang. Pasalnya, cat dan lem yang dipakai baunya cukup menyengat. Bau cat tembok yang menyengat biasanya berasal dari zat kimia berbahaya seperti merkuri, pewarna timbal, kadium, chrominium dan oksida sejenis. Untuk amannya, pilih cat tembok yang tidak beracun. Kamar buah hati juga harus terbebas dari segala macam gangguan, termasuk gigitan nyamuk. Untuk itu jangan menggantung bajunya di belakang pintu kamar.

Susun rapi atau gantung dalam lemari pakaiannya. Pasang tirai atau kasa nyamuk pada lubang ventilasi, jendela, dan pintu. Namun bila nyamuk tetap saja datang, manfaatkan obat nyamuk. Pilih obat nyamuk yang tanpa asap. Obat nyamuk ini memiliki aroma lembut dan bekerja tanpa menimbulkan asap yang dapat menimbulkan sesak napas. Produk dari merek terkenal ini juga tidak menyebabkan iritasi pada mata. Nah, siap menciptakan kamar tidur sehat bagi buah hati? Kamar tidur yang sehat akan membuat anak tidur nyenyak sehingga ia selalu memulai hari-harinya dengan lebih segar dan ceria.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *